Olahan Daging Sapi Kesukaan Keluarga




Daging sapi merupakan makanan yang memiliki kandungan gizi yang sangat lengkap. Hampir semua zat yang dibutuhkan oleh tubuh kita, terdapat pada daging sapi. Namun terkadang karena harganya cukup mahal, alhasil sebagai ibu rumah tangga, saya harus mengatur jadwal makan daging agar uang belanja cukup sampai akhir bulan.

Namun, yang bikin sedih, saat menu daging tersedia di meja makan, anak anak tidak mau memakannya, malah minta dimasakin telor. Kesel gimana gitu, soalnya tidak setiap hari masak daging. Tapi tetap saja si kecil nggak peduli, ia maksa minta dimasakin telor atau nuget. Padahal setiap sarapan menunya lebih sering telur dan  nuget.

Sepertinya saya harus membuat inovasi untuk mengolah daging sapi yang disukai oleh seluruh anggota keluarga, terutama anak anak. Terpikirlah oleh saya untuk membuat daging orak arik. dan ternyata, semua suka, Alhamdulillah. Disamping bikinnya yang simpel juga cepat, tidak perlu banyak bumbu dapur yang dipakai.

Kalau biasanya daging sapi diolah menjadi empal, dendeng, sop, atau rendang, tidak begitu di rumah kami. Walaupun sesekali suami minta dibuatin daging empal, namun sangatlah jarang, apalagi daging rendang, saya lebih memilih membeli yang sudah mateng saja di rumah makan padang, haha, praktis!

Resep Daging Orak Arik


Saya ingin berbagi kebahagiaan dengan sahabat blogger di sini. dengan berbagi resep kesukaan keluarga kecil saya, orak arik daging sapi.

Bahan

1/2 Kg dadingsapi cincang halus
1 butir telur ayam

Haluskan
3 siung bawang putih
7 butir bawang merah
merica sesuai selera

 Iris
1/2 bawang bombay
2 batang daun bawang

1 sendok sauri saus tiram
1 cm jahe digeprek

Cara Membuat

Tumis bumbu yang dihaluskan dan irisan bawang bombay hingga harum, lalu masukkan daging sapi yang sudah dicincang, aduk hingga rata. setelah daging berubah warna, tuangkan 500 cc air, lalu tutup, tunggu sekitar lima menit dengan api sedang. Lalu masukkan 1 butir telur, aduk hingga hancur. Kemudia masukkan satu sendok sauri, jahe, garam secukupnya dan daun bawang, aduk hingga rata. lalu tunggu hingga hampir mengerig, atau mecek-mecek, apa tuh bahasa indonesianya, haha...
Tara... daging orak arik siap disantap.

Kalau olahan daging sapi seperti ini, biasanya ludes tak bersisa. Kebayangkan semeringahnya saya. Kata Anak anak enak nggak bikin sakit gigi, sebab dagingnya sudah dicincang halus Karena rasanya tidak terlalu pedas, maka saya buatkan sambal dan goreng tahu tempe. Agar lauk cukup untuk dua kali makan yakni pagi dan sore, saya buatkan pecal agar ada sayurannya juga. Malas juga kan Bun, kalau harus masak dua kali, bisa tua di dapur saya, hiks.

Nah, ini dia masakan favorit keluarga kecilku, kalau masakan favorit keluarga bunda apa? Cerita dong!


26 komentar:

  1. Asyik, dapat ide menu untuk keluarga. Kalau di rumah, anak-anak gak terlalu repot. Mereka makan aja apa yang disiapkan umminya. Yang jelas, suami suka tumisan sementara anak2 suka olahan telur.

    BalasHapus
    Balasan
    1. dimana mana sama saja ya mbak, anak anak sukanya sama telur

      Hapus
  2. Resep baru nih. Bisa jd variasi menu keluarga

    BalasHapus
  3. Enak nih. Paling suka resep pakai daging cincang. Soalnya pasti empuk...hehe

    BalasHapus
  4. Wah aku belum pernah bikin daging orak-arik Bun..
    Kayaknya bakal suka nih di rumah. Soalnya anakku yang kecil kalau dagingnya enggak empuk juga enggak mau..alot katanya hahaha
    Jadi ini dicincang dulu jadi gampang dikunyahnya.
    Coba ah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. anakku kalau nggak dicincang juga nggak mau mbak, sakit gigi katanya
      selamat mencoba semoga suka ya mbak

      Hapus
  5. Nah, masalahku mirip-mirip, Mbak. Anakku kalau dimasakin daging suka nggak mau. Andalanku daging giling itu trus dicampur-campurin tumisan. Kalau kayak gitu kan teksturya kecil, mereka terus mau.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, mbak, kalau daging gilimg nggak perlu kerja keras ngunyahnya

      Hapus
  6. Wah saya belum pernah bikin resep daging orak arik gini mba. Biasanya suka makan kalau dibikin sop, ama rendang. Jadi penasaran nyoba resep ini

    BalasHapus
  7. Sama mba anak-anakku jg agak susah makan olahan daging kecuali bakso hehehe

    BalasHapus
  8. Favoritnua semua masakan karena pada doyan makan, hahaha ... Tapi menu berbahan daging ini sepertinya bakal aku contek karena praktis banget. Boleh, yaaakkk hahaha ...

    BalasHapus
  9. Hmm yummy deh kyknya resepnya...resep sederhana tp menarik Dan mudah mengolahnya. Thx y mbaa

    BalasHapus
  10. Wah, boleh juga nih idenya. Biasanya saya bikin orak-arik telur, belum pernah yang daging. Iya sih, kalo gak dicacah,anak saya males makannya padahal protein daging kan bagus.

    BalasHapus
  11. Xixi, mau coba ah resepnya ^_^

    BalasHapus
  12. Terima kasih resepnya Mbak.
    Cocok banget buat saya yang malas di dapur. Aups ketahuan hahaha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha, sama bun, saya juga nyari yang praktis biar gak lama lama di dapur

      Hapus
  13. Saya seminggu sekali pasti masa daging, tp ya ditumis atau daging tipis yg digunakan untuk membungkus potomgan kacang panjang atau buncis & ditumis. Itu salah satu menu kesukaan anak2.

    BalasHapus