Karena 7 Manfaat Inilah Saya Memilih Menulis Di Blog

Awal saya mulai terjun ke dunia literasi, saat saya merasa bosan dan jenuh setelah resign dari kantor. Pekerjaan rumah tangga yang tidak ada habisnya, membuat saya jenuh dengan rutinitas yamng itu-itu lagi. Tidak banyak yang bisa saya ajak untuk ngobrol, sebab saya bukan tergolong emak yang suka bertandang ke rumah tetangga. Untuk mengusir rasa jenuh, saya mulai belajar menulis dan mengikuti training kepenulisan secara online. Untuk pertama kalinya tulisan saya di muat di media Takaitu, rasanya bukan main bahagianya. dari sanalah saya mulai ketagihan menulis. Untuk menambah pengetahuan, saya menjadi member berbagai grup menulis.

Hingga akhirnya saya ingin memiliki blog sendiri, sebagai tempat untuk menyalurkan hobi menulis. Karena minimnya pengetahuan tentang dunia blogger, saya pun mengikuti traning lagi. Selain untuk mencari info seputar dunia blog, tentu saya ingin bergabung dengan komunitas blogger. Di komunitas ini banyak sekali manfaat yang saya rasakan. Tidak hanya menambah pengetahuan tentang blog, namun juga menambah teman yang memiliki hobi menulis. Dan ternyata berteman dengan blogger, membuat saya tidak hanya rajin menulis tetapi juga rajin membaca.

Menulis Di Blog


Pada akhirnya saya lebih tertarik menulis di blog, sebab saya bebas menentukan passion yang saya suka, walaupun saat ini blog saya masih gado gado, namun saya punya keinginan suatu hari nanti bisa memiliki blog niche yang benar benar saya kuasai. Doakan saja ya, Sahabat blogger. Sementara ini saya lebih nyaman dengan blog gado gado. haha...


Manfaat menulis di blog


1. Melatih kepekaan terhadap setiap kejadian di sekitar  lingkungan

Sejak aktif menulis di blog, saya yang tadinya cuek dengan peristiwa di sekitar saya, berubah derastis menjadi peka dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Suka atau tidak, saya butuh informasi yang detail terhadap sebuah kejadian, sehingga bisa saya tulis di blog dengan info valid dan lengkap.

2. Menuangkan kretifitas dalam bentuk tulisan

Dengan adanya blog pribadi, saya bisa menuangkan ide ataupun kretifitas dalam bentuk tulisan. Terutama pengalaman yang menarik, saat bekerja di rumah sakit, atau menulis kenagan saat traveling, atau berkisah tentang tumbuh kembang sang buah hati atau juga saat saya ingin menulis cerpen. Saya bebas berkarya di blog pribadi saya, dan tentunya saya berharap, apa yang saya tulis bermanfaat untuk orang lain.

3. Agar syaraf otak tidak menciut

Menurut dokter syaraf, jika otak tidak dirangsang persyarafan otaknya berpikir, maka sel otak bisa menciut, bahkan sel sel syaraf  bisa mati. Dengan menulis di blog, otak akan tetap terangsang untuk berpikir, sehingga otak akan berkembang dengan baik dan cepat nagkap terhadap berbagai informasi.

4. Merekam setiap peristiwa penting dalam hidup baik suka maupun duka

Jika dulu saya merekam semua cerita perjalanna hidup yang menarik di sebuah diary, tapi kini semua saya rekam dalam sebuah blog. Sebagai pengingat untuk diri sendiri, atau sebagai perekam jejak untuk anak anak bahkan cucu nanti. Dan juga sebagai info untuk khalayak ramai dengan harapan bermanfaat juga untuk pembaca.

5. Sebagai bentuk "personal branding"

Jika tidak menulis, tidak banyak yang akan tahu apa yang ada di kepala seseorang, tentang pola pikir dan kemampuan yang di miliki. Dengan menulis, orang lain bisa menemukan potensi yang ada pada diri. Siapa tahu bernasib mujur, ada perusahaan atau instansi yang tertarik dengan tulisan saya, lalu bersedia membayar sesuai dengan kualitas tulisan saya. hehe, mimpi bolehkan?

6. Sebagai hiburan

Setiap orang memiliki cara sendiri untuk menghibur diri sekedar bersenang senang. Banyak cara dilakukan untuk sekedar mengisi waktu luang, seperti bermain musik, mengurus tanaman, bernyanyi, main game dan lain lain. Nah, begitu juga dengan menulis, bagi saya menulis di blog adalah hiburan di waktu senggang, dan inilah cara saya bersenang-senag.

7. Sebagai salah satu sumber penghasilan

Belakangan, saya sadari ternyata memiliki blog pribadi bisa menjadi salah satu sumber penghasilan yang dasyat. Tentu tidak mudah menuju ke sana. karena itulah, saya akan terus berlatih mengasah kemampuan menulis agar menghasilkan tulisan yang "renyah" sehingga bernilai jual.

Karena berbagai alasan tersebut, saya mulai merawat blog saya, semoga dengan rajin menulis dan membaca, suatu hari nanti "impian" menjadi nyata.

29 komentar:

  1. Benerr banget mbaak. Aku juga tulis di artikel ku kalau manfaat menulis dan blogging bisa menstimulasi otak kita untuk lebih kreatif.

    https://adhistyafdj.com/2018/11/20/ketika-otakmu-lebih-produktif-dengan-blogging/

    BalasHapus
  2. Nomor 3 saya garis bawahi mbaak.. hahaha... Highlight banget deh itu.. hihi. .. iya juga ya.. dengan ngeblog aktivitas otak kita tetap berjalan karena mikir (kayak cak lontong) " hari ini mau nulis apa.. ?" . Hihihi..

    BalasHapus
  3. hihi, betul mbak, dengan menulis di blog mudah mudah otak kita jadi kreatif,ee
    hari ini mau nulis tentang tema yang saya suka di blog

    BalasHapus
  4. Aamiin.. Semoga tercapai impiannya ya Mbak..
    Sama kita, blog tempat saya lari sejenak dari rutinitas..
    Tetap semangat yuk kita

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaiim , mbak dian, makasih doanya,
      siap mbak, tetap semangat

      Hapus
  5. Ikut mengaminkan doanya ya, Mbak. Setuju banget bahwa otak kita ini jangan dibiarkan diam. Menulis tuh cara sederhana membiarkan otak kita tetap bekerja. Menulis itu membutuhkan data, informasi, wawasan, dan kemampuan berbahasa. Apalagi kalau pembaca menyukai tulisan kita, beuh ... serasa dapat gajian di awal bulan hahaha ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mba mel, emak juga harus cerdas dan punya wawasan, sebagai bekal mendidik anak anak

      Hapus
  6. Aamiin3,smoga tercapai mimpinya mb narti.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, makasih doanya mbak, doa yang dsama untuk mbak sri ya

      Hapus
  7. Kalau saya ... manfaat yang no 2 saja deh mbak. Menuangkan kreativitas dalam bentuk tulisan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. asyik ya mbak, kalau kita bisa menuangkan kreativitas dalam bentuk tulisan, apalagi kalau banyak yg baca

      Hapus
  8. Kalau saya awalnya ingin mencoba sesuatu yang baru lama-lama jadi ketigahan. Makasih sharingnya mbak. Semoga sukses dan tercapai cita-cita dan impiannya. Aamiin

    BalasHapus
  9. Nggak apa-apa bun gado-gado dulu. Yang penting kita nyaman dan rutin dulu ya nulisnya. Semangat kita dan semoga konsisten menulisnya 😃

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, makasih bun, saya ngintilin bunda ya, biar ketularan semangatnya

      Hapus
  10. Inget banget saat mendampingi training mba Sunarti ini, semangaaat bangets. Hehe... keep rocking ya mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi, jadi malu saya, ingat waktu pertama kali belajar bikin artikel sama mbak bety, oon nya kebangetan, haha

      Hapus
  11. Aamiin...semoga impiannya bisa segera terpenuhi. Btw, jangan lupakan saya, ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, doa yang sama untuk mbak juga, haha.. dirimu terlalu berharga untuk dilupakan mbak

      Hapus
  12. Saya pun menulis gado2, Mbak. Yang penting bisa menyehatkan hati dan otak, berharap bermanfaat pula buat sesama. Soal penghasilan itu nomor sekian. Banyak berlatih pasti akan ada hasilnya, insya Allah :)

    BalasHapus
  13. Aamiin, mbak, semoga apa yg kita tulis bermanfaat untuk orang lain juga ya mbak

    BalasHapus
  14. Betul sekali, Mbak,kalau terus diasah pasti hasilnya nggak mengecewakan. Semangat terus, Mbak.

    BalasHapus
  15. Nulis di blog memang menyenangkan Kita jadi tau hal baru juga. Bisa berbagi Kalo menghasilkan itu bonus aja.

    BalasHapus
  16. Ahhh mbak Sunarti keren deeh. Aamiin. Sukses selalu menggapai “impian”nya ya Mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, mbak doa yang sama untuk mba Dhika juga ya

      Hapus
  17. Setuju banget sama manfaatnya, apalagi yang terakhir. Hehe

    BalasHapus