Memperingati Hari Perlindungan Anak di Tamini Square




Hari ini bertepatan pada tanggal 28 oktober 2018, Komnas Perlindungan anak Indonesia juga memperingati hari perlindungan anak yang diselenggarakan di Tamini Square. Salah satu sebagai pengisi acara adalah pagelaran angklung yang di bawakan oleh dua ratus siswa siswi dari sekolahan si kakak di tambah lima puluh siswa siswi anggota marching band. Itu baru dari sekolahan si kakak, dari sekolah lain di seluruh DKI jakarta, tak kalah banyak mengerahkan siswa siswinya plus orang tua dan guru yang turut mengawasi.

Ramai?

 

Jangan ditanya ramai dan sesaknya loby utama Tamini Square saat ini, semua ingin menonton pertunjukan yang di persembahkan oleh seluruh siswa siswi yang mewakili sekolahnya. Tari tradisional pun turut memeriahkan acaranya, mulai dari  tari betawi, tari piring, tari saman dan masih banyak tarian daerah lainnya yang dipertunjukkan. Pertunjukan marhing band pun tak ketinggalan mengisi acara tersebut, begitu juga dengan sebuah lagu yang langsung di ciptakan oleh ketua KPAI bapak Arist Merdeka Sirait yang di nyanyikan oleh empat siswi yang di iringi oleh dua ratus siswa siswi dengan angklung.


Shoping?

 
sumber: fixaby

  Karena acaranya berlangsung di Mall, saya pun tergoda untuk keliling Mall. Kalau sudah keliling ada saja barang yang nyantol di mata, terus reflek deh, tangan buka dompet, haha... padahal dari rumah sudah bertekad tidak akan shoping. Sengaja bawa uang cuma secukupnya buat beli jajan. Tapi saya lupa meninggalkan ATM. Sayapun mencari ATM center dan akhirnya saya shoping juga, wkwkwk...

Eits, tapi tekad untuk tidak boros masih ada kok, jadi ambil duitnya secukupnya aja. ha..ha..ha.. #ngeles

Tugas Pokok dan Fungsi KPAI

 

Selama ini sering kita mendengar tentang aktivitas KPAI melalui media masa, namun mungkin belum banyak diantara kita yang paham betul apa fungsi KPAI dan bagaimana kedudukannya di Negara tercinta kita ini. Nah, biar nggak penasaran yuk kita simak apa fungsi KPAI tersebut.

Dalam Pasal 74 UU Perlindungan Anak berbunyi :

(1) Dalam rangka meningkatkan efektivitas pengawasan penyelenggaraan pemenuhan Hak Anak, dengan Undang-Undang ini dibentuk Komisi Perlindungan Anak Indonesia yang bersifat independen.
(2) Dalam hal diperlukan, Pemerintah Daerah dapat membentuk Komisi Perlindungan Anak Daerah atau lembaga lainnya yang sejenis untuk mendukung pengawasan penyelenggaraan Perlindungan Anak di daerah.”.
Selanjutnya dalam Pasal 76 UU Perlindungan Anak, dijelaskan tugas pokok KPAI yang berbunyi sebagai berikut :
a. melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan perlindungan dan pemenuhan Hak Anak;
b. memberikan masukan dan usulan dalam perumusan kebijakan tentang penyelenggaraan Perlindungan Anak.
c. mengumpulkan data dan informasi mengenai Perlindungan Anak;
d. menerima dan melakukan penelaahan atas pengaduan Masyarakat mengenai pelanggaran HakAnak;
e. melakukan mediasi atas sengketa pelanggaran Hak Anak;
f. melakukan kerja sama dengan lembaga yang dibentuk Masyarakat di bidang Perlindungan Anak.
g. memberikan laporan kepada pihak berwajib tentang adanya dugaan pelanggaran terhadap Undang-Undang ini.”

Kedudukan KPAI

KPAI merupakan lembaga negara independen yang dibentuk berdasarkan pasal 74 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.
Kedudukan KPAI sejajar dengan komisi-komisi negara lainnya, seperti Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM), Komisi Nasional Anti Kekerasan Terhadap Perempuan (Komnas Perempuan), Komisi Penyiaran Indonesia (KPI), dan Komisi Kepolisian Nasional (KOMPOLNAS), Komisi Kejaksaan, Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU), dan lain-lain.



Nah, sekarang sudah paham kan apa itu KPAI, jadi kalau Sahabat Blogger butuh bantuan tentang perlindungan anak, sudah tahu harus kemana.
Semoga anak anak kita di jauhkan dari segala tindak kejahatan, baik oleh orang asing maupun orang terdekat sekalipun. 

29 komentar:

  1. Makasih info dan sharingnya mbak. Saya semakin tahu tentang perlindungn anak. Nah itu kita punya kesamaan ya, selalu ada kesempatan buat shoping walaupun sekedar shopping window hehe, sukses ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha... wanita emang tak jauh dari shoping ya mbak..
      sama sama mbak

      Hapus
  2. Ohhh kemarin acara ini to, Mbak? Tahu gitu ke TMII. Gak jadi Meetup malah gak jelas di rumah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, Mbak. karna nggak jadi meetup jadi saya yang nganterin si kakak ke tamini.

      Hapus
  3. Semoga KPAI bisa mengemban tugasnya untuk menjalankan misi perlindungan anak di Indonesia. Bagus acaranya ya Mbak..Ramai dan bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin,
      iya mbak, baggus, anak anak bisa mengekspresikan bakatnya

      Hapus
  4. Waduh kok saya baru tahu ada hari perlindungan anak ( kudet banget, ya?). Semoga anak2 kita selalu dilindungi dari marabahaya. Ngeri banget dg kejahatan yg menjadikan anak sebagai korban.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, iya saya juga ngeri baca postingan penculikan anak, benar atau tidak, tapi bikin deg degan juga

      Hapus
  5. Acaranya bagus dan bermanfaat ya mbak. Semoga KPAI semakin sukses dalam memberikan perlindungan terhadap anak-anak Indonesia. Aamiin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin,
      alhamdulillah mbak, lumayan bagus... cuma ramai banget dan tempatnya sepertinya kurang luas

      Hapus
  6. Makasih infonya...semoga KPAI bisa maksimal dlm menjalankan tugasnya.

    BalasHapus
  7. Tugas kita semua nih bersama KPAI memberikan perlindungan ke anak² di manapun berada, tidak memandang derajat...

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, Bun..
      setiap anak membutuhkan perlindungan

      Hapus
  8. Mba itu acara di tamininya kapan? Tgl 27 kmrn aku berencana ke tamini juga padahal.

    Tugas kpai bisa dibilang sangat berat ya, kita sebagai orang tua juga harus turut mendidik anak dan mengedukasi ttg kebaikan.

    BalasHapus
  9. acaranya tanggal 28 oktober kemarin, mbak..karena meetup kita cancel, jadi saya langsung cuus nganter si kakak ke tamini,
    wah, kalo kemarin janjian ketemu kali ya mbak, haha...

    BalasHapus
  10. KPAI. Selama ini cuma denger-denger doank. tapi sekarang jadi makin tahu banyak tentangnya. Makasih sharingnya, mbak. Jadi, kapan yaa kita ketemu?? hihiii

    BalasHapus
  11. Waw acaranya ramai sekali ya Mba. Soal belanja biasalah ya emak-emak mah klo ngeliat barang dikit langsung kerling-kerling matanya hahaha. Langsung keukeupin dompet.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ramai bun,haha...
      iya, pengennya sih nggak belanja, tapi nggak nahan euy

      Hapus
  12. Wah kebayang ramenya kalo bocah segitu banyak pada dateng ke acara kayak gini ya mba hehe. Tapi seru pastinya

    BalasHapus
  13. Informasinya seru banget, saya malah baru paham nih tugas KPAI. Manfaat sekali mbak sharing ilmunya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biar kita sebagai orang tua semakin faham tentang fungsi KPAI bun

      Hapus
  14. Semoga KPAI amanah dan dimudahkan dalam menjalankan tugasnya. Kepala Sekolah TK tempat anakku dulu, Ketua KPAI Bogor, lho.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, yang sering dapat pengarahan dong mbak tentang perlindungan anak

      Hapus
  15. Semoga nanti anak terlindungi dengan adanya KPAI.

    BalasHapus