Kenali Manfaat Tumbuhan Herbal di Sekitar Rumah






Halo Bunda...

Kali ini saya mau berbagi tulisa tentang manfaat tumbuhan herbal, sebab belakangan ini, masyarakat Indonesia mulai perduli dengan pola hidup sehat. Bicara soal pola hidup sehat tentu erat kaitannya dengan gaya hidup kita sehari hari, terutama pola makan. Suka atau tidak, pola makan sangat berpengaruh pada kesehatan kita, iya kan, Bun?

Beruntunglah kita tinggal di Indonesia, negara yang kaya akan rempah rempah. Sebagai bentuk rasa syukur kita kepada Allah, atas karunianya pada alam ini, ada baiknya nih, Bun, kita mengenal tumbuhan yang ada di sekeliling kita, yang  bisa dimanfaatkan untuk kesehatan, baik pengobatan ataupun pencegahan. Selain untuk penghijauan halaman rumah, kita juga bisa menikmati khasiat tanaman herbal tersebut.

Mengenal manfaat tumbuhan herbal di sekitar Rumah

1. Jahe

Bunda pasti sudah tidak asing dengan bumbu dapur yang satu ini, selain untuk menghilangkan amis pada ikan, ternyata jahe juga banyak manfaatnya untuk kesehatan. Diantaranya yaitu untuk menghangatkan tubuh, melancarkan peredaran darah, membntu meringankan perut kembung dan masih banyak khasiat jahe lainnya yang sangat baik untuk kesehatan. Suami saya sering minta dibuatkan wedang jahe, soalnya doi sering masuk angin, mungkin karena rada gemuk ditambah sering begadang malam, alhasil masuk angin deh. Jadi saya rutin buatkan Sari jahe untuk suami. Kalau lagi rempong sama urusan rumah, suka males juga sih bikinnya, apalagi pas stok jahe di rumah habis, terpaksa deh kewarung dulu. Pengennya sih nyari yang praktis, jadi kalau lagi riweh sama urusan rumah, tinggal seduh aja. Hehe... maklum ya, Bun, emak jaman now, semua ingin yang praktis tapi tetap ingin menerapkan pola hidup sehat.


2. Temulawak

Manfaat temulawak bagi kesehatan sangat banyak loh, Bun, selain untuk meningkatkan nafsu makan, tanaman yang mirip dengan kunyit ini juga sangat baik untuk memelihara kesehatan hati. Dulu saya saat usia sepuluh tahun, setiap hari selama tiga bulan, saya dibuatkan bapak Sari Temulawak. Karena saat itu menurut diagnosa dokter empedu saya bengkak. Dan Alhamdulillah setelah mengkonsumsi temulawak, kesehatan saya pulih kembali. Sebenarnya saya ingin tetap mengkonsumsi Sari Temulawak, tapi malas bikinnya, bayangin aja, saya harus kepasar dulu membeli temulawak, sampai di rumah dikupas dulu, lalu diparut baru digodok, setelah itu disaring, kebayangkan repotnya? terus tangan jadi kuning kuning deh, hu..hu..hu, malukan kalau pas jemput anak anak kesekolahan.

Tapi, saya tahu manfaat Sari Temulawak yang  sangat baik untuk menjaga kesehatan hati. Tahu sendiri kan, Bun, terkadang jajanan di luar sangat menggiurkan, dan tidak ada jaminan seratus persen makanan itu benar benar aman.
Tapi sungguh Allah itu maha Baik, semua racun yang masuk dalam tubuh tidak langsung diserap, melainkan dicerna dulu di hati. Jadi hati memiliki tugas yang sangat berat. Karena itu hati harus kita jaga kesehatannya, karena jika hati sakit maka efeknya sangat buruk bagi kesehata. Nah salah satu cara untuk merawat hati yakni dengan rajin mengkonsumsi temulawak.

3. Lidah Buaya

Tanaman yang memiliki nama latin aleo vera linn ini, ternyata banyak sekali manfaatnya, loh, Bun. selain untuk kecantikan seperti menghaluskan kulit ternyata senyawa antrakuinon yang terdapat pada tanaman hias ini, mampu menangkal bakteri dan berkhasiat sebagai anti inflamasi. Lidah buaya juga sangat baik untuk memelihara fungsi pencernaan dan melancarkan buang air besar.
Ini sangat cocok untuk orang seperti saya yang susah BAB, saya punya sedikit masalah dengan pencernaan yakni BAB bisa tiga sampai empat hari baru mules, kebayangkan begahnya kayak apa, hiks..
Body yang memang nggak langsing, jadi kelihatan makin gede deh. Jadi lengkaplah sudah penderitaan saya akibat susah BAB, perut rasanya begah, kelihatan kayak sedang hamil pula, hiks, malu saya.

Ingin yang Praktis Dan Simpel

Herbadrink Sari Temulawak,
saya lebih suka meminumnya  dalam keadaan dingin

Herbadrink Lidah Buaya
 diminum dingin, rasanya sueeegeeerrr

Menikmati kesegaran Herbadrink Sari Temulawak ditengah panasnya cuaca Jakarta


Menjadi seorang ibu rumah tangga bukan berarti mati gaya. Asal kita bisa memanagemen waktu dengan baik dan cerdas memanfaatkan fasilitas yang tersedia, menjadi IRT itu bisa sangat menyenangkan. Me time itu perlu loh, Bun, walau hanya sebentar, sisakan waktu untuk memperhatikan diri sendiri agar  bunda bahagia. Kalau bunda bahagia Insya Allah keluarga kecilpun akan bahagia, tapi kalau bundanya galau, boring, uring uringan. rumahku istanaku bisa berubah jadi rumahku nerakaku. idih, jangan sampe ya, Bun. haha..

Kalau saya mensiasatinya dengan membuat pekerjaan jadi praktis, waktu yang bisa saya irit akan saya irit, wkwkw...
Misalnya nih saat kegiatan anak anak sedang padat, saya pilih beli lauk mateng, simpel kan, yang penting tidak setiap hari. Hihi.. ngeles. Jika kegiatan tidak terlalu padat, saya memilih masak sendiri, masakan yang bisa pakai bumbu racik, akan saya gunakan bumbu racik, jadi saya nggak perlu berlama lama di dapur, sisa waktu bisa saya pakai buat membaca, merawat tubuh, atau menjalankan hobi saya.
Herbadrink Sari Temulawak dan Lida Buaya

Begitu juga dalam memilih minuman untuk kesehatan, saya nyetok Herbadrink di rumah, jadi kalau lagi ribet, terus si ayah minta buatin sari jahe, tinggal ambil satu sachet Sari jahe Herbadrink, seduh dengan air hangat, beres deh, praktiskan, Bun? Jadi nggak perlu manyun kalau diminta tolong oleh suami tersayang. Kalau saya suka dengan varian Lidah Buaya untuk melancarkan BAB dan  rasanya sueeegeer banget apalagi kalau diseduh dengan air dingin, wuiiihhh.... mantap deh, tenggorokan lega, BAB pun lancar. Sambil bersantai diteras, menikmati suasana senja yang indah.
ketiga sanag buah hatiku

 Anak anak saya berikan Herbadrink Sari Temulawak, biar pada nafsu makan, walaupun pake acara drama kejar kejaran, sedikit sedikit diminum juga oleh mereka, karena saya juga minum, jadi mereka mau ikut nyobain. Pokoknya saya suka yang praktis tapi tetap bisa menerapkan pola hidup sehat untuk keluarga tercinta.
Kalau bunda suka yang praktis atau lebih memilih yang ribet?








20 komentar:

  1. Beli dimana sih mbak minuman herbal gini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya belinya di alfamidi dekat rumah mba

      Hapus
  2. Wah anakku susah makan nih Mbak..aku coba Herbadrink Temulawak aja yaaak..Makasih infonya
    Aku sudah sering minum yang Sari Jahe..anget enak diminum apalagi kalau pas masuk angin atau cuaca dingin...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama sama mba,
      semoga dedenya jadi nafsu makan ya mba

      Hapus
  3. Naah...saya selalu nyimpan minuman jahe. Kadang suka bikin bir pletok, minuman rempah2 khas betawi dg bahan dasar jahe...s3gar & menghangatkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bir pletok, minuman kesukaan suami saya ini mba, haha

      Hapus
  4. Jahe, temulawak dan lidah buaya banyak manfaatnya. Tp malas tuk buatnya. Wah enak, ya. Sekarang ada yg tinggal seduh, bs panas atau dingin. Lgs glek. Praktis.

    BalasHapus
  5. Temulawak itu jamu dari aku kecil, kalo nggak doyan makan ibu selalu bikin minuman dari temulawak yang diseduh dengan air dan ditambah gula batu. Nikmat betul heheh..

    BalasHapus
  6. temulawak memang enak diminym campur gula, kalo bapak saya bikinnya temulawak campur gula aren mbak,

    BalasHapus
  7. kayanya enak ya minuman herbadrink ini, sukses banget bikin saya yang gak doyan ini jadi kepengen banget buat nyoba. Duh bun tulisanmu membuatku ingin segera membeli herbadrink ini hmm. Makasih bun sharingnya, otw dulu saya ke warung sebelah hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih, mbak he...
      yuk dicobain, seegeerrr deh, apalagi yang lidah buaya, diminum saat dingin, enaak banget

      Hapus
  8. Aku juga suka minuman kaya gini, Herbadrink ini memudahkan kita mengkonsumsi minuman herbal ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tozz mbak, betul, herbadrink memberi kemudahan untuk kita mendapat minuman kesehatan.

      Hapus
  9. Alhamdulillah sy masih punya stok beberapa rasa temulawak dan jahe. Hehmm... Susah move on.haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. seger ya mbak, terus menyeduhnya nggak pake ribet lagi

      Hapus
  10. Wah asik nih kalo ada yang praktis, apalagi buat anak2 yang sudah makan, tinggal seduh aja ya mbak :)
    Mau nyobain ah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mbak, temulawak menjadi andalan kalo anak lagi nggak nafsu makan

      Hapus
  11. Ini minuman kesukaan nih. Etapi aku belum pernah minum yang lidah buaya deh. Patut dicoba

    BalasHapus
    Balasan
    1. cobain mbak, saya paling suka yang lidah buaya sueeeggerrr bangeet

      Hapus