Waspadalah Dengan 5 Hal Pertolongan ini karena belum tentu memberi solusi


Pasti senang sekali rasanya jika disaat butuh pertolongan, ada seseorang yang menawarkan bantuan. Rasanya seperti meneguk air dikala dahaga. Namun, apa jadinya jika setelah mendapat bantuan, bukan terbantu malah mendapat masalah yang baru. Pernahkah kamu mengalami hal demikian?

Nah, Berikut ini ada 5 hal jika mendapat bantuan sebaiknya kamu pertimbangkan terlebih dulu yaitu:

1. Berhutang

Jangan mudah tergoda dengan tawaran pinjaman berupa hutang. Apalagi tawaran itu dari rentenir, karena bunga yang ditawarkan pasti sangat tinggi, walaupun dengan kemudahan yang ditawarkan sangat menggoda iman, apalagi saat keadaan kalut yang sangat membutuhkan dana, pasti rasanya ingin menerima tawaran itu. Ya.. mungkin persoalan lama terselesaikan, tapi setelah itu akan muncul persoalan baru yang lebih rumit lagi yaitu terlilit hutang yang terus berbunga.

2. Tidak faham

Maksud baik, belum tentu berbuah baik. Seperti itulah mungkin yang akan terjadi jika kita menerima bantuan dari orang yang tidak memahami situasi atau duduk perkara suatu masalah. Bukannya memberikan solusi malah akan mendatangkan masalah baru. Hal ini sering terjadi ketika kamu meminta solusi dari seseorang yang bukan ahlinya.

3. Berbuat curang

Setiap orang pasti tidak suka dicurangi, namun akan ada saja orang yang suka berbuat curang. Apakah itu demi mencapai sesuatu yang diinginkan atau hanya sekedar untuk menjatuhkan orang lain. Tawaran pertolongan untuk membantu berbuat curang mungkin pernah kita alami. Hal ini seringnya kita temui pada saat pemilihan suara, baik itu tingkat yang paling bawah sampai tingkat yang paling atas.

4. Bantuan yang membahayakan

Bantuan seperti ini, sering kita dapatkan saat berada di jalan, terutama di jalan raya. Hiruk pikuk dan ramainya kendaraan dijalanan, membuat kita sesekali berharap ada bantuan yang datang, terutama di persimpangan yang tidak ada rambu lalu lalulintasnya. Mungkin bantuan itu datang dari sesama pengendara, ia bersedia mengalah untuk berhenti sejenak agar kita bisa lewat ataupun berbelok. Namun waspadalah tetap perhatikan kondisi lalulintas, jangan paksakan menerima bantuan itu jika mungkin membahayakan kamu dan juga orang lain.

5. Bantuan dari orang yang tidak dikenal.

Waspadalah dengan orang yang belum kamu kenal, terutama saat berada di mesin ATM, walau kasus ini jarang tapi mungkin telah banyak menelan korban. Jika kamu mengalami masalah saat penarikan uang tunai, mungkin kartu tersangkut, atau uang yang kamu tarik, tidak keluar. Sebaiknya jangan panik. Segera hubungi call senter layanan Bank tempat kamu menyimpan uang, atau hubungi satpam yang sedang bertugas. Dan jika ada seseorang yang tidak kamu kenal datang lalu menawarkan bantuan, sebaiknya kamu waspada, dan jangan buru buru menerima tawaran tersebut.

Itulah lima pertolongan yang harus kamu waspadai, karena bisa jadi pertolongan itu bukannya memberi solusi, malah membawa musibah. Jadi semua pilihan ada ditangan kita, kita jualah yang berhak menentukan sikap, apakah menerima atau menolak sebuah bantuan. Karena tidak semua tawaran pertolongan itu baik dan memberi solusi, ada juga pertolongan yang akhirnya menyengsarakan. Jadi pandai pandailah memilah bantuan pertolongan yang ditawarkan.

0 komentar:

Posting Komentar