Tips Membangun Percaya Diri Anak Sejak Dini


Sebagai orang tua, tentunya Emak ingin punya anak yang aktif, kreatif, dan penuh percaya diri. Namun itu tidak terjadi dengan sendirinya.
Pola asuh orang tua akan sangat mempengaruhi tumbuh kembang anak. Anak aktif yang mengeksplorasikan keingintahuannya akan membuatnya menjadi kreatif, anak yang aktif dan kreatif akan membentuk rasa percaya diri pada anak.
Ada beberapa tips yang bisa diterapkan agar tumbuh rasa percaya diri pada anak yaitu :
1. Membangun citra positif
Bangun citra positif Emak pada si kecil. Hal ini akan membuatnya merasa nyaman untuk mengekspresikan hal baru yang ia rasakan pada Emak, misalnya, si kecil ingin memakai celananya sendiri, berikan ia kesempatan untuk melakukannya, biarkan ia memenuhi rasa keingintahuannya. Proses ini juga akan memberikan citra positif pada diri si kecil, dengan membiarkannya memenuhi rasa ingin tahunya, dia akan percaya diri untuk terus melakukan hal baru.
2. Menerimanya
Ketika si kecil memasuki masa prasekolah, orang tua sering membandingkan anaknya dengan anak lain. Apalagi, anak lain lebih menonjol, maka orang tua sering menuntut hal serupa pada buah hatinya, tanpa sadar, orang tua bersikap apatis. Sebagai anak, mereka bisa merasakan ketidak puasan orang tuanya, sehingga, anak menjadi frustasi dan tertekan.
3. Memberinya pujian
Hal kecil apa pun yang dicapai berikan ia apresiasi. Memberi pujian, membuatnya percaya diri bahwa ia juga bisa berprestasi. Support dari orang tua menjadi kekuatan baginya untuk terus mencoba.
4.Melibatkan si kecil
Ajak si kecil terlibat dalam mengambil keputusan, misalnya, untuk memilih baju yang akan ia kenakan. Hal ini akan membuatnya merasa dihargai.
5. Mengajaknya dalam berbagai perlombaan
Mengikut sertakan si kecil dalam perlombaan juga baik dilakukan agar ia berani tampil di depan umum. Di sinilah dituntut kearifan sebagai orang tua.
Memberinya pengertian bahwa menang kalah itu hal yang biasa dalam perlombaan, agar ia tidak frustasi saat kalah dan tidak berlebihan saat menang.
Semoga tips ini bermanfaat bagi Emak dalam menumbuhkan rasa percaya diri si buah hati.

0 komentar:

Posting Komentar