4 Tips Mendisiplinkan Si Kecil

Mendisiplinkan anak bukanlah perkara mudah, terkadang orang tua baru menyadari pentingnya menerapkan disiplin saat mereka mulai kelelahan mengatur anak-anaknya. Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mendisiplinkan anak
1. Tata tertib
Buatlah peraturan di dalam rumah, tentukan poin-poin penting yang harus ditaati oleh anggota keluaraga. Sehingga semua paham dan mengerti jadwal aktivitasnya.
2. Beri tenggang waktu
Biasakan untuk memberitahu setidaknya lima menit sebelum Emak meminta mereka mengerjakan sesuatu. Misalnya, jadwal mandi sore pukul 04.00 WIB, Emak bisa mengatakan, "lima menit lagi kalian mandi ya!," sehingga anak-anak tahu mempersiapkan diri mereka.
3. Hukuman
Anak-anak harus diajari bahwa jika mereka melanggar peraturan yang ditetapkan mereka akan mendapat hukuman dari perbuatan mereka.
Hukuman yang diberikan bisa berupa tambahan tugas pada mereka, Misalnya, mengosek kamar mandi, menyapu halaman atau bisa juga mengurangi jatah uang jajan mereka.
4. Tegas
Ketegasan dari kedua orang tua sangat dibutuhkan, hindari perselisihan pendapat antara orang tua. Sehingga anak tidak menjadi bingung. Misalnya, Emak hanya membolehkan anak-anak bermain game pada hari sabtu dan minggu saja, tetapi, bapak membolehkan bermain game setiap hari. Hal ini akan membuat anak bingung, mereka akan mengacuhkan Emak dan memilih peraturan bapak.
Jika beberapa hal diatas bisa diterapkan didalam sebuah keluarga, maka Emak tidak perlu mengeluarkan energi lebih untuk mengatur mereka.

0 komentar:

Posting Komentar